Page

Mendongeng

Bercerita atau mendongeng adalah penggambaran tentang sesuatu secara verbal. Bercerita merupakan stimulus yang dapat membangkitkan segala potensi anak secara mental. Melalui bercerita, anak di ajak berkomunikasi, berfantasi, dan berkhayal serta mengembangkan daya kognitifnya. Aktivitas mental anak dapat melambung, melanglang buana melampaui isi cerita itu sendiri. Dengan bercerita juga melatih perkembangan emosi anak. Anak dapat mengasah daya pikir dan imajinasinya. Hal yang belum tentu dapat terpenuhi bila anak hanya menonton dari televisi. Anak dapat membentuk visualisasinya sendiri dari cerita yang didengarkan. Ia dapat membayangkan seperti apa tokoh-tokoh maupun situasi yang muncul dari dongeng tersebut. Lama-kelamaan anak dapat melatih kreativitas imajinasinya dengan cara ini.

Keberhasilan suatu dongeng tidak saja ditentukan oleh daya rangsang imajinatifnya, tapi juga kesadaran dan kemampuan pendongeng untuk menyajikannya secara menarik.
Jadi kesimpulannya adalah Kemampuan bercerita atau mendongeng sangat mutlak diperlukan para guru pendidikan anak usia dini. Dengan mendongeng, proses pembelajaran dapat berjalan lebih efektif.
 

PAUD AULIYAA Copyright © 2009 - Designed by r21 - dedicated to The One And Only My Beloved Wife